PT. INSTA HOLIDAY INDONESIA , JL.Raya Oro-oro Ombo 31, Kota Batu, Jawa Timur. Ph:(0341)598889 / 0822 4545 5111 SIUP: 510/112/422.105/ SIUP K-068/2017 TDP: 13.38.1.79.00167
KAMPOENG BATU
Starting From Rp. Call

Tour Information

Tahukah Anda beberapa daerah di Indonesia juga memiliki cuaca yang dingin dan sejuk. Salah satunya adalah Kota Batu Malang. Berada di ketinggian 680-1.200 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata 15-19 derajat Celsius menjadikan kota ini cenderung dingin dan sejuk. Kota ini berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, terletak 15 km sebelah barat Kota Malang. Kota ini dikelilingi Gunung Panderman, Gunung Banyak, Gunung Welirang, Gunung Bokong dengan potensi daya tarik wisata yang beraneka ragam.

Karena kota ini adalah kota pengunungan yang terkenal dengan pemandangannya yang indah, maka sejak abad ke ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan. Suatu ketika seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan serta membangun sebuah candi yang diberi nama Candi Supo atas titah raja Sindok.

Sampai saat ini belum diketahui kapan kata “batu” digunakan untuk mendampingi tempat peristirahatan tersebut. Menurut beberapa pemuka masyarakat, sebutan batu berasal dari nama seorang ulama bernama mbah Wastu. Orang Jawa sering memperpendek sebutan nama seseorang yang dirasa terlalu panjang, akhirnya sebutan mbah Wastu dipanggil menjadi Mbatu atau batu sebagai sebutan yang digunakan untuk kota dingin ini.

Kota Batu dikenal sebagai pemasok sayur mayur dan buah apel berkualitas di Jawa Timur dan propinsi lainnya di Indonesia. Kekayaan hasil bumi ini masih dilengkapi pula dengan keindahan bunga anggrek dan flora asli Kota Batu yang banyak diminati para wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, banyak orang Belanda menjadikan tempat ini sebagai tempat peristirahatan mereka. Saat ini peninggalan Belanda ini menjadi aset daerah setempat dan menjadi tempat kunjungan Wisata. Begitu kagumnya Bangsa Belanda atas keindahan dan keelokan Batu, sehingga bangsa Belanda mensejajarkan wilayah Batu dengan sebuah negara di Eropa yaitu Switzerland dan memberikan predikat sebagai De Klein Switzerland atau Swiss kecil di Pulau Jawa.

Kota Batu malang memiliki kekayaan wisata yang menarik, wisata yang ditawarkan pun beranekaragam mulai dari Wisata Agro, Wisata Alam, Wisata Rekreasi, Wisata Sejarah, Wisata Religi, Wisata Minat Khusus dan Wisata Ziarah.

 

Tour Code : 001.IH.KBT

 

08:00. setelah sarapan pagi , dimulai perjalanan ke Kota wisata Batu

08:30. Tiba di home industri tahu melalui daerah pertanian. Disepanjang jalan terpapar area persawahan. Dari  tempat industri tahu  dapat dilihat pemandangan Gunung Arjuna yang sangat indah.

09.30. Rute selanjutnya ke desa Sidomulyo untuk melihat koleksi bonsai dan bunga yang beraneka ragam mulai ukuran kecil sampai besar dengan keunikan dan keindahan yang menawan.

10.30. Melanjutkan perjalanan menuju ke wisata petik apel langsung dari perkebunan petani.

11:30. Rute selanjutnya menuju Selecta menikmati suasana sejuk pegunungan, kolam renang yang bersih dilengkapi permainan air, juga terdapat taman bunga yang menggoda anda untuk berjalan berkeliling wisata selecta.

13:30. Menuju ke alun-alun Kota Batu sembari berbelanja dan  berwisata kuliner sambil menikmati pemandangan gunung panderman.

15:00. Kembali ke tempat yang ditentukan di sekitar Malang.

Transportasi Wisata Kota Batu Malang

Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda bisa menggunakan penerbangan ke bandara Abdul Rachman Saleh Malang. Pesawat yang melayani penerbangan Jakarta-Malang antara lain: Garuda, Sriwijaya Air dan Batavia Air. Jika Anda dari Bandung, bisa meggunakan jasa kereta api ke Malang dengan menempuh waktu sekitar 17 jam.

Jarak dari bandara ke kota Batu Malang  hanya satu jam. Anda bisa mengunakan mobil sewaan, agen perjalanan, mobil pribadi atau sepeda motor untuk menuju kota Batu. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan kota, pertama Anda harus ke terminal bis Arjosari kemudian ambil angkot jurusan ADL, turun di terminal Landung sari (tempat pemberhentian terakhir angkot jurusan ADL), di terminal banyak pilihan angkutan umum ke Batu. Jika Anda ingin menghemat, tersedia bis Puspa Indah / bis Hasti jurusan kota Jombang dan turun di terminal pasar Batu.

Berbelanja di Wisata Kota Batu Malang

Karena kota ini terkenal dengan agro wisatanya, Anda bisa membeli apel, strawberry dan hasil agrikultur lainya, masih segar karena didatangkan langsung dari kebunnya. Anda juga bisa menemukan toko-toko suvenir di lokasi-lokasi wisata yang ada di Kota Batu.

Wisata Kuliner Kota Batu Malang

Cobalah hidangan berikut ini ketika Anda berada di kota Batu Malang.

  • Sate Kelinci
  • Jagung Bakar
  • Berbagai produk apel, termasuk: sari apel, jenang dan dodol apel, cuka apel
  • Berbagai keripik: keripik singkong, kentang, dan aneka buah lainnya
  • Berbagai sari buah: Sari buah apel, dan lainnya
  • Soto ayam (terdapat beberapa kedai soto terkenal yang menjual soto ayam yang rasanya digemari masyarakat)
  • Ketan (jajanan pasar, terdiri dari ketan, bubuk kelapa dan gula manis)
  • Bakso (dikenal sebagai Bakso Batu)
  • Lalap ikan wader
  • Angsle (sejenis kolak dengan ketan dan serabi juga petulo yang sangat nikmat dengan suasana dingin kota batu)
  • Tape ketan hitam (bisa ditemukan pada pemandian cangar yang dapat menghangatkan tubuh)
  • Sate Ayam, Kelinci, dan Kambing khas Wisata Payung
  • Tahu Kentaki Dhigadho (Gorengan tahu alami, dengan rasa yang khas rempah rempah pilihan)

 

Chat Kami