Insta Holiday , JL. Raya Oro-oro Ombo 31, Kota Batu, Jawa Timur. Ph:(0341)598889 / 0822 4545 5111
TIKET BANDARA
Starting From Rp. 0

Tour Information

CARI TIKET BANDARA MURAH, KLIK DISINI...!!! 

PANDUAN NAIK PESAWAT DI BANDARA

Bagi anda yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan dengan pesawat udara, berikut ini cara naik pesawat di bandara :

  • Datanglah ke bandara minimal 1 jam sebelum keberangkatan (penerbangan domestik) atau 2 jam sebelum keberangkatan (penerbangan internasional) agar anda tidak ketinggalan pesawat.
  • Setibanya di bandara, siapkan dokumen anda yaitu tiket yang sesuai dengan jadwal penerbangan dan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) anda.
  • Jika anda banyak membawa barang bawaan atau barang bawaan yang berat, silahkan gunakan troli yang telah disediakan di lokasi keberangkatan di bandara. 
  • Segeralah menuju pintu keberangkatan untuk melakukan check inINGAT : jangan keliru masuk pintu keberangkatan. Contoh : Bandara Soekarno Hatta terdiri dari Terminal 1 (A, B, C), Terminal 2 (D, E, F) dan Terminal 3.
  • Pada saat akan memasuki pintu keberangkatan, petugas bandara akan melakukan pemeriksaan tiket anda, selanjutnya silahkan anda masuk.
  • Selanjutnya anda memasuki Area Security Check Point, barang bawaan anda harus di periksa dengan melewati mesin sensor X-ray dan anda harus melewati alat metal detektor / Walk Through Metal Detector (WTMD). Jika ketika anda melewati alat metal detektor dan alat tersebut berbunyi (berbunyi karena ada logam atau uang koin di saku anda) maka petugas akan melakukan pemeriksaan pada tubuh anda. INGAT : ketika anda memasuki pintu metal detektor maka anda tidak boleh membawa barang apapun, kecuali dompet. Anda tidak diperkenankan membawa gunting, korek api, cutter atau barang berbahaya lainnya. PENTING : Laporkan kepada petugas jika anda memakain alat pacu jantung atau senjata api.
  •  Setelah melewati Area Security Check Point, selanjutnya anda menuju Area Check in Counter. Di Area Check in Counter ini silahkan anda menuju counter yang sesuai dengan tiket maskapai penerbangan anda. Saat di counter, serahkan tiket dan identitas anda. Siapkan juga uang untuk membayar pajak bandara (airport tax).
  •  Setelah anda menyerahkan tiket dan identitas maka petugas counter check in akan menanyakan kepada anda, apakah anda membawa barang untuk dibawa ke bagasi? Jika ya, maka silahkan letakkan barang bawaan anda untuk ditimbang oleh petugas. Oiya, jika anda membawa barang berharga sebaiknya jangan dimasukkan ke dalam bagasi, bawa saja oleh anda kedalam pesawat dan simpan di bagasi kabin pesawat. Tas ransel atau tas pinggang juga diperkenankan untuk anda bawa ke dalam kabin pesawat. Tentunya dengan syarat ukuran barang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  •  Jika anda memasukkan bagasi, petugas akan menempelkan identitas pada barang bawaan anda yang akan dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. 
  •  Selanjutnya petugas counter check in akan memberikan kepada anda boarding pass (tiket untuk naik ke pesawat) dan nomor bagasi anda yang ditempel di tiket. INGAT : simpan baik-baik nomor bagasi anda karena saat nanti turun dari pesawat dan anda mengambil bagasi, maka barang bawaan anda dari bagasi akan di periksa oleh petugas dengan menccocokan nomor bagasi yang anda simpan.
  •  Setelah menerima boarding pass dan nomor bagasi, selanjutnya anda menuju loket pembayaran pajak bandara (airport tax). Setelah membayar pajak bandara, boarding passanda akan ditempel stiker bahwa anda sudah membayar pajak bandara. PERHATIAN : Jika anda sebagai penumpang Garuda Indonesia maka anda tidak perlu membayar airport tax, harga tiket Garuda Indonesia anda sudah termasuk airport tax.
  •  Selanjutnya anda menuju ke ruang tunggu keberangkatan, ketika anda akan memasuki ruang tunggu keberangkatan maka akan dihadapkan lagi dengan Area Security Check Pointyang kedua. Dalam Area Security Check Point yang kedua penumpang akan sekali lagi dicheck beserta barang yang akan dibawa di kabin pesawat. Barang bawaan akan di checkmelalui x-ray, dan orangnya akan melalui Walk Through Metal Detector
    Berikut panduan dalan Area Security Check Point kedua :
    - Siapkan Boarding Pass anda karena petugas akan memindainya.
    - Penumpang yang dibebaskan dari airport tax seperti: penumpang transit, bayi, air crew, tamu negara.
  • Setelah melewati Area Security Check Point kedua maka anda menuju ruang tunggu keberangkatan. banyak ruangan mungkin anda bingung mau masuk ke mana, coba Anda perhatikan lagi boarding pass anda di sana ada nomor “GATE” pintu tempat dimana anda harus menunggu untuk naik ke pesawat. Ingat, jangan sampai salah masuk, bisa-bisa Anda tidak terangkut.
  •  Saat waktu naik pesawat tiba maka anda akan ada pengumuman dan anda akan dipersilakan naik pesawat dengan menunjukkan kartu Boarding Pass.
  •  Saat memasuki pesawat silahkan cari tempat duduk sesuai dengan nomor tempat duduk (seat) yang tertera dalam boarding pass anda, bila anda binggung silahkan tanya kepada awak kabin pesawat (pramugari/pramugara). Jika anda membawa barang bawaan silahkan simpan di bagasi kabin, letaknya diatas tempat duduk anda.
  •  Duduklah, pasang sabuk pengaman (seat belt) dan eratkan.
  •  Saat mendarat tiba, jangan lupa untuk ambil bagasi anda. Siapkan nomor bagasi yang anda simpan.
  •  Ok, selamat menikmati penerbangan.  

Daftar maskapai niaga yang berjadwal di Indonesia: